Detail

Fakta-Fakta Penting seputar Demam Berdarah

Yuk, Simak terkait Fakta-Fakta Penting seputar Demam Berdarah berikut ini :

  1. Tidak semua nyamuk membawa virus demam berdarah. Virus Demam Berdarah hanya ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegyepti berina yang terinfeksi virus Dengue melalui gigitan ke manusia. DBD tidak ditularkan secara langsung dari manusia ke manusia.
  2. Demam berdarah memiliki gejala yang Khas.  Penderita akan mengalami demam mendadak hingga 40 derajat Celcius yang diikuti dengan sakit kepala parah, nyeri otot dan sendi, mual, dan muncul bintik merah.
  3. Demam sulit dibedakan. Gejala demam pada kasus demam berdarah dengan penyakit lainnya sulit dibedakan, sehingga masyarakat harus waspada dan segera ke fasilitas kesehatan jika demam tidak turun selama 2 hari berturut.
  4. Terditi dari 3 Fase, yaitu Fase Demam, Kritis, dan Penyembuhan. Fase demam terjadi selama 3 hari berturut, kemudian masuk fase kritis pada hari ke-4 ditandai dengan demam yang turun. Sehingga fase kritis ini dianggap sudah sembuh, padahal merupakan fase kritis yang bisa menimbulkan komplikasi.
  5. Dapat berujung pada Kematian. Jika penderita tidak dilakukan tes sedini mungkin, demam berdarah dapat terlambat ditangani dan berujung pada komplikasi seperti kerusakan hati, jantung, hingga otak.